Minggu, 17 Oktober 2010

manfaat ekskul bagi peserta didik


Oleh : Sahat H Pakpahan, Spd

Pendidikan adalah memberikan kebebasan seseorang untuk mengembangkan dirinya sendiri sesuai dengan potensi yang dimilki , sekolah adalah institusi formal bagi pelaksanan pendidikan, dan guru mempunyai peran untuk membimbing peserta didiknya untuk mengenal dirinya sebagai manusia sekaligus mengembangkan potensi yang dimiliki oleh para siswa. Untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri para peserta didik, saya pikir tidak cukup hanya pada jam pelajaran sekolah saja.

Kita ketahui bahwa waktu peserta didik dalam mengikuti proses belajar-mengajar di kelas dalam satu hari sekitar 7 sampai 8 jam pelajaran, dimana satu jam pelajaran itu intervalnya sekitar 40 - 45 menit, Setelah itu pulang. Dan bukan sedikit para siswa yang menghabiskan waktunya percuma tanpa kegiatan positif setelah jam sekolah usai.


Waktu adalah uang dan waktu tidak akan pernah kembali lagi. Oleh karena itu alangkah baiknya jika setiap waktu luang yang ada dimanfaatkan dengan aneka kegiatan yang positif.

Salah satu perwujudannya adalah dengan mengadakan aneka kegiatan ekstra kurikuler (biasa disingkat ekskul) yang bermanfaat serta tentu saja berguna bagi masa depan anak didik.

Banyak hal yang bisa dipelajari para siswa dari kegiatan ekstra kurikuler sekolah, antara lain :
-Aneka ilmu yang bermanfaat. Dalam setiap kegiatan ekstra kurikuler yang dipilih tentu ada dasar-dasar ilmunya. Sebut saja Fisika, matematika atau bahasa inggris dimana para siswa dapat mempelajari tata bahasanya secara baik dan benar.

-Dibawah bimbingan guru yang tepat, kegiatan ekstra kurikuler bisa menjadi wadah yang tepat bagi para siswa dalam mengembangkan bakat dan kemampuannya, sebagai contoh membentuk band sekolah, dengan demikian bakat mereka tidak terpendam.

-Melalui ekskul para siswa bisa memupuk jiwa sportif dalam aneka perlombaan (misal: bola basket atau futsal)-baik yang digelar secara internal disekolah maupun eksternal dengan sekolah lain.

-Ekstra kurikuler juga bisa mengajarkan anak akan arti organisasi, walaupun dalam skala yang kecil. Disana anak bisa belajar menjadi pemimpin, pengurus, atau bahkan belajar mengemas suatu acara yang menarik dalam sebuah pameran ekskul.

-Dengan mengikuti ekskul juga jiwa nasionalisme para siswa semakin kuat, sebagai contoh paskibra, dengan mengikuti paskibra mereka akan belajar kedisiplinan, kekompakan-dalam hal baris-berbaris-dan akhirnya meraka mengerti apa itu dipimpin, terpimpin sehingga menjadi pemimpin.

Dan banyak lagi hal positif yang dapat diperoleh siswa dengan mengikuti kegiatan ekstra kurikuler.

Mengingat banyaknya hal positif yang bisa didapat dari ekskul, oleh karena itu dibutuhkan komitmen yang kuat dari pihak sekolah baik itu pimpinan perguruan, kepala sekolah, wakil kepala sekolah terkhusus yang membidangi kesiswaan dan para guru umtuk mendorong para siswa guna mengikuti kegiatan ekstra kurikuler.

Bagi sekolah yang belum punya program kegiatan ekskul, mulai sekarang sudah bisa dipikirkan konsepnya. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Selain dapat membawa nama baik sekolah, ekskul di sekolah juga dapat menyelamatkan para siswa dari lingkungan luar yang semakin carut-marut ini.

Peran orangtua juga sangat dibutuhkan untuk mendorong anak-anak mereka mengikuti ekskul ini. Jangan biarkan masa muda mereka tidak diisi dengan hal-hal yang positif yang justru membawa mereka dapat mengenal diri dan mengembangkan potensi diri .

Akhirnya jangan pernah ragu mendorong mereka mengikuti kegiatan ekskul.

sumber : http://www.harian-global.com/index.php?option=com_content&view=article&id=3579%3Aguru-menulis-manfaat-ekskul-bagi-peserta-didik&Itemid=56