Sabtu, 28 Agustus 2010

Trik berbicara depan umum


Setiap orang mampu berbicara di depan umum, asal tahu caranya. Demikian kata John May, seorang pemilik sekolah kepribadian di Amerika. Inilah kiat-kiat yang diberikannya:

1. Rencanakan
Rencanakan apa yang akan anda katakan. Pikirkan masak-masak terlebih dahulu agar nanti tidak sampai "blak" di tengah-tengah. Kalimat yang bernada optimis nampaknya manjur untuk terus membuat pendengar tetap tertarik.

2.Berlatih
Berlatihlah terlebih dahulu dengan merekamnya. Hindari bunyi-bunyi yang tak perlu seperti: "e", "eh'' atau "em" di tengah-tengah kalimat. Berusahalah berbicara dengan lancar.

3. Jangan Tegang
Jangan biarkan pendengar menangkap kegugupan anda. karena itu, tenangkan diri dengan mengambil napas dalam-dalam sambil mengosongkan pikiran beberapa menit.

4. Kuasai Panggung
Tampilkan diri anda. Berdirilah tegak dan penuh percaya diri, jangan menghindar. Jangan bingung dengan tangan anda. Melipatnya di dada mungkin bisa membantu. Bangkitkan minat mereka dengan berdiri sejenak di podium dan edarkan pandangan anda ke seluruh ruangan sebelum berbicara.

5. Ramah
Pendengar ingin suasana akrab, karena itu senyum akan jadi awal yang baik.

6. Ucapkan dengan Jelas
Ucapkan tiap kata dengan jelas. Gunakan seluruh suara anda, jangan menahannya dan jangan bergumam.

7. Ucapkan Kalimat-kalimat Sederhana
Hindari mengemukakan definisi-definisi. Pendengar tak akan mendengar seluruh masalah yang anda ungkapkan. Karena itu, catat saja empat masalah utama yang akan anda kemukakan lengkap dengan kesimpulannya.

8. Cakup Seluruh Pendengar
Tunjukkan minat anda pada mereka dengan memandang mereka yang di susut kanan, kiri dan belakang secara bergantian. Lontarkan lelucon-lelucon.

9. Perhatikan Waktu
Satu jam adalah batas maksimal untuk berbicara pada konferensi bisnis, kurang dari sepuluh menit pada pesta-pesta seperti perkawinan, sunatan, dan sebagainya. Jika perlu, pasang alarm arloji anda.

10. Berlatih Kontinu
Teruslah berlatih dengan mencoba mengemukakan pendapat pada tiap kesempatan seperti diskusi-diskusi, rapat-rapat, arisan, dan sebagainya, karena kemampuan berbicara hanya bisa didapat dengan latihan yang terus menerus.

Selamat mencoba!


SUMBER : http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/public-speaking/2031611-seni-berbicara-di-depan-umum/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar