Kamis, 13 September 2012

minggu kedua disemester ketiga

Mumpung tugas belum terlalu numpuk, kita kembali ke dunia yang indah tanpa gangguan makhluk dengan kepentingan individualis, kita kembali menulis untuk sedikit mengurangi beban dunia yang penuh rintangan....
Oke, ini menginjak minggu kedua perkuliahan di semester III, itu artinya tugas sudah mulai berdatangan, tanpa permisi dan tanpa mengucapkan salam... memang yang namanya tugas tidak punyak normal mungkin yaa, jangankan permisi, mengucapkan salam pun tidak.... tapi oke lah, mau gak mau, suka gak suka, namanya tugas itu ya kewajiban, jadi harus dikerjakan...
Sebagaimana tugas kita sebagai manusia yaitu beribadah, yang terdapat pada firman Allah SWT
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
“Dan tidaklah Aku ciptakan seluruh jin dan seluruh[1] manusia melainkan untuk beribadah kepadaKu[2]“.
(QS : Adz Dzariyat [51] :56).
Sementara belajar itu adalah ibadah, dan tugas sendiri bagian dari belajar, jadinya ya harus dikerjainkan, di al-quran juga udah jelas, kalo belajar alias menuntut ilmu itu wajib. Seperti seperti yang terdapat dalam Qs Al Mujadalah ayat 11:
يَرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرُُ
Artinya :
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmupengetahuan beberapa derajat (Q.s. al-Mujadalah : 11)

Terus ada juga hadisnya banyak tentang menuntut ilmu
Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah). (HR. Ibnu Majah)
Seseorang yang keluar dari rumahnya untuk menuntut ilmu niscaya Allah akan mudahkan baginya jalan menuju Syurga (Shahih Al jami)
Barang siapa berjalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke syorga. (HR. Muslim).
“Barangsiapa melalui suatu jalan untuk mencari suatu pengetahuan (agama), Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.”(Bukhari)
Siapa yang keluar untuk menuntut ilmu maka dia berada di jalan Alloh sampai dia kembali (Shahih Tirmidzi)
Tuntutlah ilmu dan belajarlah (untuk ilmu) ketenangan dan kehormatan diri, dan bersikaplah rendah hati kepada orang yang mengajar kamu. (HR. Ath-Thabrani)
Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Qur’an dan yang mengajarkannya (HR bukhari )
Kelebihan seorang alim (ilmuwan) terhadap seorang ‘abid (ahli ibadah) ibarat bulan purnama terhadap seluruh bintang. (HR. Abu Dawud )
Siapa yang Alloh kehendaki menjadi baik maka Alloh akan memberikannya pemahaman terhadap Agama (Sahih Ibnu Majah)
Duduk bersama para ulama adalah ibadah. (HR. Ad-Dailami)
Hadis riwayat Abdullah bin Masud ra., ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: Tidak ada hasad (iri) yang dibenarkan kecuali terhadap dua orang, yaitu terhadap orang yang Allah berikan harta, ia menghabiskannya dalam kebaikan dan terhadap orang yang Allah berikan ilmu, ia memutuskan dengan ilmu itu dan mengajarkannya kepada orang lain. (Shahih Muslim No.1352)
Abdullah bin Mas’ud berkata, “Nabi saw bersabda, Tidak boleh iri hati kecuali pada dua hal, yaitu seorang laki-laki yang diberi harta oleh Allah lalu harta itu dikuasakan penggunaannya dalam kebenaran, dan seorang laki-laki diberi hikmah oleh Allah di mana ia memutuskan perkara dan mengajar dengannya.(Bukhari)
Termasuk mengagungkan Allah ialah menghormati (memuliakan) ilmu, para ulama, orang tua yang muslim dan para pengemban Al Qur’an dan ahlinya, serta penguasa yang adil. (HR. Abu Dawud dan Aththusi)
Jadi udah jelas yaa, tugas itu WAJIB dikerjakan !!!!!! karena tugas itu bagian dari menuntut ilmu, dan menuntut ilmu itu adalah ibadah..... walaupun tugas saat kuliah ini beda banget sama zaman SMA dulu, yaa namanya juga udah MAHASISWA yaa, MAHA membagi waktu buat segala urusan, MAHA kurang tidur karena tugas, tapi itu pilihan, jadi mahasiswa juga kalo gak mau masuk kuliah bisa, terus gak ngerjain tugas juga boleh.... namanya juga MAHA, kita juga bisa nentuin sesuai target mau lulus kapan, mau lama atau cepet itu tergantung kitanya 99% yang satu 1% nya lagi itu udah kehendak yang khalik...
Jadi Mahasiswa itu juga seolah kita menjalankan tugas sebagai seorang KHALIFAH bener, asalkan kita bener-bener hahaha
Tapi yang harus di inget, khalik dan khalifah itu beda. Seperti yang selalu gua katakan, sebagai khalifah kita bisa nyusun sistem, mainin sistem, tapi jangan pernah lupa sama yang punyak kita J
Sejauh ini semester III insya allah baik, entah kalo udah memasukin bulan oktober, dimana gua harus kuliah di dua universitas, hmmmm berat kayaknya, tapi harus tetap bersyukur dan ikhlas karena dikasih kesempatan besar, dan didukung penuh sama orang tua. Jangan disia-siakan, dan seperti yang sering gua bilang juga “ILMU yang kita dapet harus di AMALkan” sejujurnya gua suka berbagi ilmu, tapi gua emang gak suka kalo tugas gua di copy paste J kalo ngajarin sih gua mau, paling enggak gua ngeliat orang itu ada usaha, dan gak suka kasih contekan sama orang yang gak berusaha sama sekali..... tapi kalo mau belajar bareng, suruh mengajarkan apa yang gua tau, okaaay J
Karena satu-satunya hal yang kita bagiin justru tambah banyak, itu ya Cuma “ILMU”
Di HMI gua diajarkan konsep iman, ilmu, amal, jadinya gua makin semangaaat untuk berbagi ilmu dan kebaikan... dengan mengharap ridho Allah, YAKIN USAHA SAMPAI !!!!
Pesen gua buat yang baca, gua inget kata ketum gua “You can’t choice your family, but you can choice your friends become your family” BAHAGIA HMI...........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar