Minggu, 08 Juli 2012

Bukan SALAH JALAN ...

Hidup Mahasiswa !!!
Waktu bergulir begitu cepat, tanpa terasa semester II telah terlewati, menjadi mahasiswa tingkat II bentar lagi akan di duduki. Sudah 2 jalur masuk di umumkan, dan artinya gelar mahasiswa baru sebentar lagi akan dilepaskan. Tanpa terasa perjalanan hidup selama 1 tahun di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung memberi gua banyak pelajaran.
Sejujurnya, gua sempet gak puas dengan jurusan yang gua dapet saat pengumuman SNMPTN Undangan setahun lalu. Gua ditolak dari universitas yang gua impikan sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama, bahkan gua masuk kejurusan yang sama sekali gua cuma iseng masuk kesana karena bingung mau pilih apa. Iya gua keterima, di salah satu jurusan FEB Unila, IESP namanya, atau bisa disebut EP. Ada yang bilang IESP itu “ilmu ekonomi salah pilih”, ada juga yang bilang IESP itu “ilmu ekonomi sisa penjurusan” ada juga yang nyebut dengan “ilmu ekonomi susah payah” bahkan waktu masa ospek salah satu kawan jurusan seangkatan bilang EP itu “ekonomi pengangguran” dan “ekonomi pembuangan”.
Pada awalnya gua memang makin kesel dengan semua statement diatas, tapi gua berusaha yaudah deh gua jalanin dulu, karena dari 6 jurusan yang coba gua masukin, gua keterima disini. Mungkin emang sudah takdir tuhan gua disini, dan ini jalan gua buat jadi menteri perekonomian Indonesia yang akan datang –ucap gua dalam hati-
Setelah gua jalanin, IESP itu sebenernya justru induknya ilmu ekonomi, bahkan akuntansi dan manajemen itu ilmu terapannya dari IESP. Gua gatau yaa, kenapa dikampus gua namanya masih ekonomi pembangunan, padahal di universitas ternama, bahkan di universitas yang nolak gua tadi itu juga namanya ilmu ekonomi. Bener-bener ekonomi murni, disini gua dituntut buat belajar yang namanya angka dan angka, jadi statistika dan matematika itu makanan sehari-hari. Istilahnya kalo tanpa hitungan jadi galau kalo bahasa anak sekarang.
Awal Propti
Awalnya 2 hari propti di Universitas, itu ya sumpah ngebosenin banget, bulan puasa, panas engep, musti dengerin orang-orang ngomong soal peraturan akademik. Sebenernya dikasih kesempatan buat show up didepan Rektor dan para pembantunya,  tapi gua ogah, puasa mendingan hemat energi.hahaha
Hari ketiganya di fakultas, jadi begitu deteng lo akan denger suara teriakan para komdis yang saat itu dipimpin Kak daeng adi guna, gila mantep banget dia jadi komdis, galak bener, mengerikan sumpah !!! tapi kalo udah kenal baik orangnya, tuntutan peran kalo kata dia ...
Tapi masa propti terlewati dengan baik, meskipun harus deteng subuh banget, dan sempet ketemu komdis, gua ketawan bawak motor. Berhubung jauh dari kampus, jadi gak dimarah bawak motor.
Setelah propti ada yang namanya inagurasi, dimana inagurasi ini ajang unjuk mahasiswa baru. Waktu itu tutor gua abang edo sama mbak inayah. Semua dapet tugas, dan saat itu kalompok gua nampilin sebuah lagu yang sedikit diubah liriknya, gak sedikit sebenernya tapi semua lirik diubah dan sisa-sisa serpihan nada, ah gua juga gak ngerti, tapi kurang lebih begitu.
Setiap kelompok juga harus ngirim perwakilan diberbagai perlombaan, dan gua sendiri kebagian buat jadi orator – orang yang melakukan orasi- . waktu itu gua orasi didepan publik FEB pertama kali, gua teriak-teriak kayak seorang orator profesional hahaha
Well, jadi banyak yang hafal sama muka gua karena teriakan gua diatas panggung itu, turun dari panggung di sms sama kakak tingkat yang ngajakin gua gabung ke PILAR. Gua sih iya iya aja, karena saat itu emang gua gak niat amat masuk fakultas ekonomi dan bisnis. Lagi pula sejujurnya gua pengen masuk english club, tapi entah kenapa sekarang gua malah jadi beneran nyangkut di Fakultas ekonomi dan Bisnis dan di PILAR -___-
Yaude singkat cerite yo...
Gua ngelewatin satu semester dengan cukup baik, nilai gua juga alhamdullilah baik lah... ternyata setahun diekonomi bikin gua gak jadi mau daftar snmptn ulang, dan terperangkap sudah aku disana. Sebentar lagi siap menerima adik-adik baru. Bahkan dibulan ini kayaknya gua dituntut buat selalu sehat, kesibukan yang keterlaluan padahal gua gak ikutan semester pendek.
Mulai dari kesempatan jadi supeyor bank indonesia, sampek bikin film pendek buat nyambut adek-adek itu gua lakuin, udah gak sabar pengen gitu liburan kayak kawan-kawan yang lain. Pengen bisa pulang ke kampung dan berkata hay kawan-kawan tapi tetep belum bisa !!!
Kesibukan dan banyak pengalaman serta ketemu orang-orang yang satu tujuan bikin gua lupain mimpi gua buat SNMPTN Ulang di tahun 2012 ini. Yaudahlah gua nikatin apa yang ada, ternyata Fakultas ini nyaman dan cukup menyenangkan, kalo gak mah, gua gak mungkin kayak sekarang. Meskipun terkadang perasaan bosen dan rasa belum puas masih ada, sedikit tapi....
Namanya juga manusia, udah kodratnya pengen selalu yang terbaik, dan gak pernah puas... tapi kalo dipikir-pikir yaa, kuliah disini itu untung kalo mau diliat dari segi materi yang digunain selama kuliah. Salah seorang guru gua dulu pernah bilang, “buat apa pemerintah itu bikin Unila kalo gak buat anak yang dilampung, ada Unila itu buat mempermudah pendidikan, ngapain jauh-jauh” – Bu rotuah-
Setelah gua pikirin dan setelah gua jalanin, emang iya sih bener, kuliah disini SPP gua gak nyampek 1 juta persemester. Udah itu beasiswa lumayan banyak disini, jadi bisa surplus hahaha
Tapi memang kalo dibandingin sama Universitas yang gua tuju itu profesornya udah banyak, disini masih sedikit, tapi kualitas dosen FEB lumayan diakui, ilmunya juga banyak mereka ini. Terus di FEB juga gua berhimpun, baik di internal kampus maupun eksternal. Dengan berhimpun itu juga pengalaman gua bertambah, dan kemampuan makin terasah...
Ternyata hidup indah kalo dijalani dan disyukuri, yaa hidup itu yaa kayak teori daur hidup, muter gitu-gitu aja. Manusia punyak cita-cita, mereka usaha, kemudia ada hasil, setelah ada hasil tinggal sikap kita bersyukur atau kufur, terus bercita-cita lago, usaha lagi yaa gitu-gitu aja sih. Mau jadi manusia yang bersyukur atau kufur....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar