Rabu, 26 April 2017

Jepang ! Belum Pernah sebelumnya, mengangkat dua koper berkeliling kota sebahagia ini...

Disneyland, Tokyo Jepang
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".QS. 'Ibrahim [14] : 7

Alhamdulillah... Hanya kata itu yang bisa mewakili ketika langkah kaki ini dipermudah untuk menginjak langsung tanah penjajah... Obrolan iseng akhir tahun 2016 lalu, ternyata di jadikan nyata oleh Tuhan lewat tangan bos .... Jepang jadi negara ke dua berhasil gua kunjungi... Belum terbayang sebelumnya, jangankan membayangkan, mimpi aja enggak mau kesana karena selain ongkosnya mahal, bahasanyapun gua enggak manguasai...Tapi mungkin benar, kalau kita bersyukur, maka Allah tambah terus nikmat, dan sudah pasti saya yakin, berkat doa kedua orang tua, sehingga keberuntungan itu mampir terus menerus... Sebagai bentuk syukur juga, gua pengen cerita soal perjalanan ke Jepang, dan bagaimana persiapan hingga kepulangan gua dari Jepang... Asam manis gurih kecut asinnya perjalanan, masih nampol di ingatan...Kita mulai yaa cerita nya, tapi kalau gak menarik, jangan dibaca, karena sekali baca bisa ketagihan , masuk dalam dunia tulisan gua "Dunia Gita" hahaha....

Persiapan keberangkatan

Desember 2016, saat bantu persiapan keberangkatan bos ke Korea Selatan, sambil bercanda ternyata itu serius nanyain 2017 pengen kemana... Saat itu entah gua yang bego atau enggak peka, gua bilang aja Jepang keren... Terus disuruh cari-cari gimana bisa kesana dengan budget terjangkau, dan saat itu bener deh, gua nyari-nyari aja, dan gua gak nyangka beneran bakalan dikasih buat berangkat. Emang mungkin Tuhan menciptakan gua ini agak kurang peka sama kode, jadi please jangan kebanyakan ngode #jiahsempetCurhat hahaha
ciee.. ketemu Chiko !!!
Lanjut ya ceritanya, nah disuatu pagi tiba-tiba​ di group paling berisik se Indonesia, salah seorang kawan nge share soal trip Jepang semi backpaker gitu, dan gua main lapor aja ke bos... Gua pikirkan sudah yaa selesai dari sana, eh abis balik dari Dapil, si bos langsung DP buat berangkat, dibandara di bilang, "kamu jadi ya ke Jepang" , dengan muka kaget agak Beloon gua diem dan beberapa detik kemudian, baru deh bisa ngomong, "hah iya Bu, makasih yaa ...." #pasangSenyumPalingManisNgalahinGulaGunungMadu .......
----
Singkat cerita, Pilkada DKI putaran pertama selesai 15 Februari 2017 dan Anies Sandi masuk putaran kedua dan jadwal trip ke Jepang itu berbarengan dengan hari pencoblosan... Dahlah, gua pikir, pasti deh ini batal... Eh ndelalahnya kok kata bos, tetep berangkat, Speechless dong gua, dan tak mampu berkata apa-apa... Kata beliau, "Sudahlah, yakin aja pasti menang... Tetaplah pergi, akan banyak pelajaran yang kamu dapat disana" ujar bos , Jujur, gua gak enak, ninggalin tanggung jawab, tapi yaudah, buat gua sih, omongan Bu bos itu perintah dan titah yang gak perlu dibantah, karena penuh pertimbangan matang beliau dalam setiap keputusan nya ....
---
Ujian datang, tiba-tiba bulan Maret habis dari reses gua kena sedikit masalah, gua gamau cerita detail tapi gua bersyukur banget-banget punya bos Paling baik se Dunia ..... masalah itu selesai, bahkan dengan hasil cukup memuaskan... Tapi masalahnya itu hampir menghambat gua untuk pergi, tapi Alhamdulillah, bala bantuan datang dan aku tetap bisa berangkat ke Jepang .....
Muka Kucel sesaat baru tiba di Osaska, Jepang
Meskipun gua gamau cerita detail soal masalah itu, tapi ditulisan ini gua secara pribadi mau kasih ucapan terimakasih buat "Bang Jamal Hidayat dan Annisa Fadia Nizatama (alias Ajeng) " yang udah nolongin selama membina Pisangan Timur... Karakter gua jauh berbeda sama dua orang itu, mereka yang begitu santai, ketemu dengan gua yang begitu sistematis dalam kerja ternyata menghasilkan prestasi kerja yang cukup membanggakan, sampai mungkin ada yang makan empedu, liat kok bisa yaa hahaha udah ya jangan julid, lanjut cerita soal Jepang aja...
H- sekian ke Jepang
Bos sama Ajeng sengaja bawak gua keknya di salah satu pusat keramaian, buat hunting apa aja yang dibawak ke Jepang... Agak shock sih gua, jujur aja ini mah, terharu biru, gak bisa ngomong tapi gua bisa nulisin lah... I feel so happy ...... perhatian banget Gilak ...... maafin yaa, gua kadang suka gak peka sama orang-orang yang perhatian luar biasa itu... Hahaha dan akhirnya perlengkapan ke Jepang siap, dan berangkatlah hari H dengan kondisi flu...
18 April 2017
Pagi hari nya masih diskusi panjang sama Ajeng soal hari H Pilkada... Gak panjang sih, gua rasa itu udah luas, eh enggak ding itu mungkin lebih pas dibilang Volume karena ada lebar panjang tinggi hingga dalam...pagi-pagi sudah diskusi, padahal kami baru pulang jam 3 subuh, benar-benar perjuangan, untungnya Anies Sandi menang, jadi terbayar sudah itu lelah capek cerita asam manis cabai rica-rica selama kampanye hahaha
Sampai siang dah itu gua masih sama si Ajeng, sambil main sama kinar dan untuk selanjutnya dia pergi duluan buat menyelesaikan yang belum selesai di Pisangan Timur, sementara gua menunggu waktu buat berangkat ke bandara... Ada dialog yang masih gua inget, si Ajeng ngomong gini... "Gita, Lo khawatir yaa ninggalin gua ?" Dengan ekspresi sok meyakinkan, gua bilang "Gua percaya kok sama Lo, karena integritas lo dipertaruhkan juga disini" #PasangMukaTenangPadahalBeban pakai banget ninggalin tanggung jawab ......
Akhirnya berangkat beneran dah itu malam Pilkada ke Jepang, dari Soekarno Hatta sekitar jam 21.00 tiba di Malaysia jam 24.00, sebenarnya cuma dua jam perjalanan, tapi ada perbedaan waktu sejam lebih cepat Malaysia dari Indonesia...Transit dan ganti pesawat, kemudian lanjut perjalanan ke Jepang... Sampai di Jepang jam 09.30 waktu setempat, ya kalau Indonesia jam 07.30 karena ada perbedaan waktu dua jam antara Indonesia dan Jepang....
Indonesia suhu harian 30 derajat, dan begitu sampai Jepang itu suhu antara 10-17 derajat, dingin nya ...... tapi gak sedingin sikapmu #loh hahahaha
Begitu sampai, kita langsung makan, karena kelaparan hahaha makan Udon yang halal, Alhamdulillah yaa ini mulut bisa akur makan apa aja, asal gak kerasa banget rasa kunyit, gua mah oke oke aja... Setelah kenyang, kita langsung menuju Hotel, kita naik kereta jenisnya JR... Dari Bandara langsung dah menuju stasiun terdekat dengan hotel... Kurang lebih 12 jam sudah, gua bareng rombongan tour ini bersama-sama dan seperti nya gua sudah mulai menemukan beberapa tokoh utama dalam cerita kunjungan ke Jepang gua. Dan yang terpilih jadi karakter utama adalah Tour Leader kita (Kak Kiki), mb Meni dan Mb Aida... Sejak awal, 3 orang ini yang gak luput dari pengamatan mata gua.
---
19 April 2017, sudah tiba di Jepang dan tiba di stasiun dekat hotel... Kejadian demi kejadian mulai terjadi, untuk hari pertama sampai, GPS kak Kiki gk akurat, seharusnya jalan ke kanan, malah ke kiri...
Tapi udara Jepang yang bersih dan dingin, membuat diriku berkata "belum pernah sebelumnya, mengangkat dua koper berkeliling kota sebahagia ini" .............
Asli, meskipun capek ya, tapi bahagia loh narik koper keliling nyari hotel hahahaha maafin yaa, agak aneh tapi, serius, enak banget suhu udara di Jepang... Apalagi kota pertama yang dikunjungi itu adalah Osaka, yaa kalau di Indonesia itu kayak Bogor nya gitu, deket Tokyo tapi bukan Ibu kota Negaranya.... Akhirnya sampai juga di hotel, bersih-bersih badan, lurusin badan sekitar 1/2 jam terus lanjut jalan-jalan .......... kita menuju Osaka Castle, dan beneran deh tokoh yang gua pilih Mb Meni dan Mb Aida terpaksa kita tinggal karena saat yang lain sudah siap, mereka masih mandi .... tapi Alhamdulillah, mereka bisa nyusul sampai Osaka Castle... Saat di Osaka Castle, kita menikmati indahnya Bunga Sakura dan berfoto-foto, tapi diriku tak juga tenang, bolak-balik cek handphone jadul ini, nelponin Ajeng di Jakarta... Dikit-dikit gua hubungin Ajeng, mungkin dia juga kesel yaa... Ini gita gupek bener kali yaa, gitu gak jeng... Maafin sih ..... dan gua itu lupa, kalau ada perbedaan waktu antara Indonesia dan Jepang, jadi saat di Jepang jam 16.00 gua mikir udah beres semua kan, nah kan yang di Indonesia masih jam 14.00, maklum sih, hari pertama, masih mikir cuma beda kota padahal negara ..... tiba-tiba WiFi hilang dan rombongan kami terpisah, nah kan ini hahaha tapi Alhamdulillah, dinikmatin aja nyasar nya... Lanjut perjalanan ke Universal Studio, Osaka, Jepang... Kita di Universal Studio sampai jam 22.00 dan sampai rumah jam 23.00 dan alhasil, baru bisa tidur jam 02.00 karena nunggu kabar kemenangan... Alhamdulillah menang, aman dah liburan ini....
ciee sakuraan di Jepang
----
20 April 2017, Hari kedua rencana sih jam 08.00 sudah pada berangkat, tapi Alhamdulillah yaa... Pada kesiangan bangun, mungkin karena dingin, bahkan suhu AC sengaja kunaikan hingga 22 derajat biar agak anget... Setidaknya, suhu 22 derajat yang biasa dipakai tidur di Indonesia... Hari kedua ini kembali bawak koper untuk di titip di stasiun kereta di Kyoto, pindah kota cin ceritanya hahaha untuk kembali Explore Jepang ðŸ™ˆðŸ™ˆðŸ™ˆ meskipun cerita nya geret koper yang penuh oleh rendang dan sambal, tetep aja liat spot bagus narsis, tetap berfoto-foto...Oh iyaa, dihari kedua di Jepang ini, gua niat emang pakai baju Anies Sandi keliling Jepang, buat merayakan kemenangan hahaha
Btw, Kali ini kita naik Subway, kalau JR itu ada di permukaan, nah Subway itu kereta bawah tanah... Tapi jangan bayangin kereta bawah tanah itu kayak jaman penjajahan yaa, soalnya keretanya super modern semua disini... ðŸ˜Š Sejak dulu Jepang sudah terkenal dengan teknologi nya... naik Subway hanya untuk sampai di stasiun transit, selanjutnya kita naik Shinkansen (kereta tercepat di Jepang)) untuk tiba di Kyoto...Setelah tiba di Kyoto, kita titip koper dan lanjut perjalanan menuju tempat-tempat wisata... Ya lumayan, naik-naik gunungnya, tapi ya namanya orang Indonesia, begitu liat sovenir, ya Samangat 45 berbelanja oleh-oleh... Hingga akhirnya kamipun kelaparan hahaha mampirlah kami di salah satu restoran milik orang Indonesia... Luar biasa yaa!!! Dan kembali ada kejadian lucu, saat bareng sama mb Rova ke Toilet, dia keluar lagi dari toilet dan bilang... Gita, itu kloset gerak sendiri... Gua pun kaget sejujurnya, tapi pasang muka sok cool, gua bilang oh iyaa mungkin otomatis mba... Padahal gua sudahnya, nyoba juga karena penasaran, ih kok ya kebuka sendiri itu tutup kloset duduk hahahaha
Gak cuma itu, di restoran yang sama si Mb Meni buat ulah, dia minta untuk dibungkus makanan nya yang gak habis... Nah kalau di Jepang, gak boleh yaa... Beda dengan di Indonesia, yang suka semau-maunya kalau gak abis mintak bungkus, mereka sangat irit sama plastik, atau wadah karena kan buat sampah... Jadi buat yang pertama kali ke Jepang, porsi makan disana itu besar, kalau kira-kira bisa bagi dua, jangan pesan berlebih karena gk bisa dibawak pulang....Selain itu, kalau di Indonesia kan kita suka-suka yaa, mau ngecas, nah kalau di Jepang, kalian harus izin dulu, karena bisa dianggap mencuri listrik...Kecuali di restoran junk food gitu
Osaka Castle
---
Kemudian kami lanjutkan perjalanan, untuk kembali ke stasiun tempat koper dan makan malam serta berbelanja... Tapi gua milih duduk di MCD makan kentang goreng, sambil mencuri listrik hehe... Sementara yang lainnya berbelanja, ada juga yang coba-coba makan sushi buat bedain punya Jepang sama Indonesia... tak terasa, jam 21.30 kita harus naik bus malam untuk ke Tokyo... Jangan ngebayangin bus malamnya kayak di Indonesia, yang ada musik dangdutnya, di Jepang beda banget, bahkan untuk menjadi privacy, di masing-masing kursi duduk, ada tudung kayak kereta bayi, jadi gak bisa deh liat temen samping kiri kanan ngences, kalau suara ngorok sih masih lah kedengaran...
Kiyomizu-dera, Kyoto, Jepang
21 April 2017, Jam 08.00 kami tiba di Tokyo, ibu kota Negara Jepang yang super sibuk. Ada yang menarik untuk dilihat pagi ini, yaitu penduduk Jepang yang akan bekerja, mereka sangat gesit kalau jalan, cepat sekali, karena iseng, nyobain pengen jalan bareng mereka, mereka jalan biasa gua setengah lari biar bisa jalan sampingan .... Setelah beristirahat sebentar (sambil berdiri) karena gak ada tempat duduk di stasiun Jepang, karena mereka dituntut disiplin jadi gak ada santai-santai ya, yaudah deh kita istirahat sambil berdiri dan ngeliatin orang-orang mau kerja, beda sekali dengan pekerja di Indonesia yang masih bisa ngobrol kalau jalan kekantor, ini sama sekali gak ada pemandangan ngobrol, mereka sibuk cari jalan tercepat supaya bisa sampai lokasi kerja... Luar biasa sekali etos kerja orang Jepang ini... Kemudian kami melanjutkan perjalanan, menuju Hotel yang dekat dengan stasiun Ikebukuro, Tokyo Jepang. Namanya hotel sakura...Sampai hotel belum bisa check-in karena masih jam 09.30 pagi, jadi hanya numpang mandi. Di Jepang diperbolehkan kalau kita mau numpang mandi di hotel-hotel yang ada kamar seperti Dormitory nya gitu... Tapi jangan bayangin kamar mandi di Indonesia yaa, kamar mandi di Jepang meskipun diluar super bagus, kita cukup sewa handuk 100 Yen atau setara 12.500 rupiah... Lumayanlah bisa seger dan lanjut ke perjalanan selanjutnya... Hari ini kita akan menuju masjid raya di Jepang... Salah satu masjid di Jepang dan terbesar, ya namanya juga masjid raya yaa... namanya Masjid Camii Tokyo karena rombongan yang laki-laki akan sholat Jumat disana... Tiba di masjid tersebut, kami bertemu dengan banyak orang Indonesia, jadi serasa di tanah air sendiri dah... Selain orang Indonesia, banyak juga orang dari berbagai negara Islam seperti Malaysia, dan Negara-negara kawasan timur tengah.. dibawah masjid, ada ruangan yang isinya tentang kebudayaan Islam Turkey... Uniknya, selepas solat jumat, jamaah boleh mengambil hidangan gratis dan minum untuk dibawa pulang ataupun makan bersama, karena itu budaya mereka di Jepang untuk menjalin silaturahmi dengan sesama umat Islam yang minoritas di negeri sakura...
jalan-jalan keliling Kota Tokyo
---
Kamipun melanjutkan perjalanan menuju Harajuku Street... Disana adalah kawasan untuk berbelanja, ya kalau di Jogja kayak Malioboro gitu deh... Nah disana sangat ramai, dan sebelum masuk jalan, ada videotron gitu, jadi kita bisa masuk di videotroon langsung live, nah ini jadi wisata unik, bisa narsis sendiri... Kamipun melakukan hal yang sama .... dan kemudian kamipun berpencar untuk mencari barang masing-masing, nah Informasi penting, meskipun pasar ala Malioboro tapi di Jepang, tidak ada barang kw 1,2,3 hingga super... Disini semua barang original, jadi meskipun beli di pasar, harganya tetap tinggi meskipun tidak setinggi kalau di Mall nya... Jadi kami pun berbelanja, hingga sore hari dan kemudian sesuatu terjadi
Salah satu rombongan kami hilang tak terlihat Batang hidungnya di titik pertemuan yang ditentukan ... dan orang tersebut, adalah orang yang sama dengan yang buat kehebohan di Bandara keberangkatan serta hari pertama di Osaka ..... Mbaaak Meni namanya, ibu-ibu berumur sekitar 40 tahunan ini hilang entah kemana... Akhirnya karena semakin sore, kami memutuskan untuk menuju tempat selanjutnya yaitu Shibuya (tempat patung anjing paling fenomenal). Sebelum sampai ke patung tersebut, kita akan melewati yang namanya Shibuya Croosing yang merupakan penyebrangan tersibuk di Tokyo Jepang... Kamipun mencoba sensasi menyebrang disana bersama warga Jepang... Seru juga bro ! Kalau agak lelet dikit ketabrak sama mereka... Kalau mereka lagi nyebrang, kita liatin itu kayak mereka lagi akan tauran sangking ramainya... Tidak jauh dari sana akhirnya ketemu dah, dengan si Hachiko, anjing setia yang dulu filmnya jaman gua masih bocah buat nangis
Sinkansen menuju Kyoto
Tapi kok mb meni belum ada kabar juga yaa... Tapi kemudian, di nelpon karena nemu WiFi ..... katanya dia salah denger, soal tempat titik pertemuan  dari 9 orang ( hari pertama ke Tokyo, salah satu rombongan gak ikut karena kelelahan) cuma mb meni doang yang salah denger, 8 lainnya normal......... dia Dateng bukan dengan muka berduka ala-ala orang habis ilang, tapi ceria dan mukanya merah merona, emang ini orang sesuatu banget dah... Dia Bawak brondong ..... nah... Ini juga yang buat kagum sama penduduk Jepang, mereka rela mengantarkan turis yang nyasar, ih baik banget yaa... Kalau tempat kita pasti disasar-sasarin nih.... Setelah ketemu semua, awalnya kita mau lanjut ke Akhibara tempat pusat elektronik di Tokyo, tapi kaki ini sudah pegal jadi kami memutuskan untuk hemat tenaga, karena besok tujuan yang kami akan kunjungi cukup padat ......... tapi lagi-lagi sesuatu terjadi, ternyata kak Kiki salah dong kasih info soal kamar, jadi sudah naik lantai 5 ternyata lantai 5 nya bukan di Gedung A tapi di Gedung B... Kan lumayan juga malu nih, sama bule pak le yang punya kamar... Tapi sudahlah, sudah lelah dan ingin segera istirahat...
---
22 April 2017, hari kedua kami di Tokyo sekaligus hari ke empat kami di Jepang... Pagi hari kami menuju Ashasuka untuk mendatangi Sensoji Temple, karena memang Jepang ini banyak templenya jadi gausah heran kalau sering banget kami datang ke Temple demi Temple... Saat menuju Temple, kami ditawari untuk naik semacam andong gitu, tapi yang angkat bukan kuda melainkan orang
Namanya rickshaw atau becak tenaga manusia, ini adalah ciri khas di Tokyo kalau ke Tokyo jangan lupa mencoba karena gak ada di Indonesia juga .... Bayarnya lumayan sih, 2000 Yen atau 250ribu per orang nya... Satu becak bisa di naikin 2 orang...awalnya kita juga gak tega, tapi karena inget dulu mereka pernah ngejajah Indonesia jadi tega aja dah naik becak itu .... dengan becak tersebut, kalian akan berkeliling hingga sampai ke Sensoji Temple... Jangan bayangin yang narik itu badannya kayak Hercules, enggak sama sekali, mereka badannya kecil-kecil mana kata beberapa temen sexi dan ganteng ..... dah lah gua gak doyan sama yang terlalu putih, jadi menurut gua biasa aja dah yang narik itu... Untuk yang narik becak gua sama mb Aida namanya Michi, dia super ramah dan dia ngerti bahasa Inggris, jadi bisa ngobrol sepanjang jalan... Dia juga kami ajarin bahasa Indonesia, dan saya bilang kalau Negera mu pernah menjajah negaraku, dia bilang nyengir gak enak... Hahahaha
ciee muka bahagia ketemu Chiko!!!
---
Tiba di Temple kami berfoto dan mencoba berbagai makanan yang ada disana... Meskipun sangat ramai, tapi tidak satupun ada sampah... Menang sangat luar biasa Jepang ini ,setelah puas muter-muter dan berfoto serta berwisata kuliner, kami kembali naik kereta menuju Odaiba, Tokyo Jepang... Odaiba harus dan wajib di kunjungi juga, karena ini adalah tempat cukup fenomenal sebab dia adalah kota modern nya Tokyo yang berada diatas pantai kemudian ditimbun kalau bahasa hitz ditempat kita hasil Reklamasi Pantai... Berdiri mall besar dengan taman supermewah di lokasi ini... Menuju ke Odaiba, kami naik kereta... Sepanjang perjalanan, tak berhenti bibir ini berdecak kagum, melihat begitu maju nya negara penjajah ini...Kereta super cepat, melintasi lautan yang super bersih... Sampai Odaiba, kami langsung mencari spot foto terbaik, disini juga ada Liberty loh... Jadi gausah jauh-jauh ke negeri Paman Sam karena Jepang juga punya, dan ini merupakan kado persahabatan dari Perancis...
Nah, untuk memadatkan cerita, ini ada kutipan dari detik.com soal beberapa perbedaan antara Liberty Tokyo dan Punya negeri Paman Sam...

Patung Liberty di New York dan Tokyo bentuknya persis sama, sosok patung perempuan memegang obor di tangan kanan dan mendekap buku di tangan kiri.

Kedua patung ini diberikan Perancis sebagai tanda persahabatan. Bedanya, yang di New York itu yang asli. Patung yang diberikan kepada Jepang, adalah dalam bentuk replika

Patung Liberty di New York menjadi landmark kota berjuluk Big Apple. Namun Patung Liberty di Tokyo tidak demikian. Landmark Tokyo adalah Tokyo Tower. Mengapa demikian?

Karena, Patung Liberty di Tokyo ukurannya imut-imut dibanding kembarannya di Amerika. Bedanya, kalau di Manhattan tingginya sekitar 46 meter, nah yang di Odaiba ini tingginya hanya 11 meter.

Patung Liberty New York berada di Pulau Liberty, sedangkan Patung Liberty Tokyo berada di Pulau Odaiba. Kedua pulau ini memiliki karakter yang jauh berbeda.

Pulau Liberty diperuntukan hanya sebagai objek wisata Patung Liberty dengan aneka fasilitasnya untuk wisatawan. Namun berbeda dengan Pulau Odaiba. Pulau Odaiba dilengkapi dengan mal Aqua City dan juga kawasan wisata lain yaitu Odaiba Marine Park.
odaiba, Tokyo, Jepang
---
cukup jelaskan perbedaan nya, jadi mari kita lanjutkan bercerita...
Usai dari Odaiba, kami naik kereta lagi menuju  Ginza Street Tokyo Jepang yang merupakan tempat bergerombol nya Mall besar di Tokyo... Nah disini, gua udah gak ketahanan lagi, bukan kebelet mau pup atau apa tapi kaki gua beneran luka karena sepatu yang gua pakai ini, nyesel juga gua gak pakai sepatu olahraga kesayangan gua , ujungnya lecet semua kaki gua ha-ha-ha... Akhirnya gua nyari sepatu, dengan kondisi hujan saat tiba di Ginza... Di Jepang saat hujan , semua tempat akan menyediakan plastik untuk pengunjung yang Bawak payung, pokoknya luar biasa mereka ini, menyiapkan segala sesuatunya... Dan yang belum punya payung, banyak yang jual payung mulai dari 300 Yen hingga 5000 Yen ada... Jadi ceritanya nyarilah sepatu di Ginza ini... Nah ada sepatu buatan Jepang yang gua sir, dan cerita nya gua kan gatau, kalau sepatu di Jepang itu gak boleh dicobain kayak kita di Indonesia gitu... Alasannya biar gak lobok , ampun bener yaa, hahahaha
Langsung ditanya kan ukuran sepatu, gua blg 39-40 dan belum sempat gua bilang mau nyoba yang 39, dia udah ngomong "Maaf kaki orang Jepang kecil, jadi gak ada ukuran mba nya , intinya dia bilang kek gitu" emosi jiwa banget gak sih gua... Oke gua bilang makasih dan langsung cabut dari itu Toko... Agak ngedumel gua... Dan mb Aida ketawa-ketawa ngeliat gua yang udah bete dan akhirnya kami cari dah toko lainnya, Alhamdulillah ya akhirnya ketemu sepatu enak... Langsung dah di pakai, dan kemudian gua dan Mb Aida ketemu mb Meni... , Oh God ! Feeling gua buruk ketika gua ketemu dia, dan beneran aja dah kejadian.... Hari makin malam, hujan dan dingin, dan mulai lafar... Tapi mb Meni masih terus ngajak keliling dan gak jelas yang dicari apa, akhirnya gua bilang, sudah cukup gua lafar dan mau makan, mb Aida setuju... Tapi mb meni bersikukuh kalau jangan makan, karena semuanya haram... Terus kata gua yaudah minum aja deh mb, dia kembali bilang semuanya gak halal...  Rasanya saat ini gua pengen lempar dia pakai sepatu , karena gua mikir ini orang tua, gak gua jadi in niat ngelempar sepatu hahahaha...  Akhirnya gua dan Mb Aida memutuskan untuk ke Starbucks ngopi dan makan donat, penting terisi makanan dan gak masuk angin , tapi mb meni tetep kekeh mintak teh aja dan masih kepikiran rendang nya ditas, bahkan dia ngide banget, mau makan rendang di Starbucks... Gua dan Mb Aida pun bilang, gpp kalau mau makan rendang tapi masukin ke cangkir teh mb nya aja , sangking dah keselnya hahahaa
Odaiba, Tokyo, Jepang
Terlepas dari kejadian dengan mb meni, ada kejadian lain yang buat gua sedih banget....saat kami masuk Starbucks, kondisinya ramai karena memang diluar hujan dan hanya ada 2 kursi sementara kami datang bertiga, kemudian ada orang Jepang umurnya saya perkirakan 65 tahunan, dengan membala selang input mempersilahkan kami duduk dan dia pergi, dan kami sempat melarangnya, kata dia kalian berhak duduk karena saya sudah selesai minum... Gua langsung kepikiran, begitu sering kita nongkrong di tempat-tempat makan berjam-jam tanpa peduli mungkin ada yang pengen duduk di kursi tempat kita, dan kedua gua langsung sedih, ih pada kemana sih anaknya, bapaknya kok dibiarin jalan sendirian Bawak inpus dan kerjaan...tapi luar biasa banget loh, tua, dan kondisi sakit masih kerja dan jalan sendiri..
Usai berbelanja di Ginza, kami pun menuju Hotel untuk kembali istirahat... Rencananya besok akan ke Gunung Fuji jadi jam 7 sudah harus ready to go!
---
23 April 2017 adalah hari terakhir kami di Tokyo...Pagi buta sudah siap dan rapih kemudian sarapan karena akan ke Fuji... Gua pun sudah menyiapkan tulisan-tulisan karena hari ini adalah hari ulang tahun ibundaku tercinta...Tapi kemudian kami batal ke Puji, karena kami bersepakat untuk pergi ke disnayland dan Ameyoko...
Saat sampai di disnayland Tokyo kami langsung mencari spot foto yang bagus, tiket masuk disnayland 7400 Yen atau sekitar 850 ribu hampir sejuta di rupiahkan... Di disnayland, kami juga berbelanja pernak-pernik disnayland... Kemudian ke Ameyoko untuk cari sovenir dan makanan... Akhirnya petualangan kami usai di Tokyo dan bersiap-siap pulang ke Indonesia... Kalau saat tiba di Jepang, dari bandara bawak koper naik kereta , pulang ini kami memutuskan untuk naik taxi, karena barang bawaan sangat banyak , emang yaa orang Indonesia banget, oleh-oleh jadi hal penting... Naik taxi di Jepang, mahal cin, jarak hotel ke bandara sekitar 25 Km, ya Deket kan yaa... Paling 100-200 ribu kalau di Indonesia tapi di Jepang kemaren argo sampai 11.300 Yen atau sekitar 1,2 juta rupiah...tapi ini menurut gua adalah bentuk ketegasan pemerintah Jepang, supaya gak macet meskipun kota maju, karena perbedaan 1000 persen lebih mahal naik taxi dan pajak kendaraan pribadi yang sangat tinggi, jadi mau gak mau dah naik kereta dan kendaraan umum lainnya... Indonesia bisa hanya saja, kita lebih takut dengan pengusaha... Duh jadi berat bahasanya, jangan dilanjutkan, ditulisan lain aja kalau mau bahas soal transportasi
Kamipun terbang dari Tokyo dan transit di Malaysia dan tiba di Indonesia pada 24 April 2017.. banyak di skip ceritanya, karena meskipun banyak hal-hal menjengkelkan tapi benar saja sekali lagi aku katakan, aku tidak kapok ke Jepang dan belum pernah sebelumnya, menggeret doa koper berkeliling kota sebahagia ini