Minggu, 28 Agustus 2016

Arti penting pendidikan

Banyak ahli yang menafsirkan apa itu pendidikan, hingga arti pendidikan. Tapi saya akan mencoba menafsirkan arti pendidikan dengan sederhana, bagi saya arti penting pendidikan adalah bahwa kunci membangun perbadaban. Mengapa saya katakan sebuah kunci, karena jika dianalogikan sebuah rumah, untuk mulai kehidupan dirumah tersebut kita membutuhkan kunci untuk memasukinya, begitupula dengan peradaban. Membangun peradaban berarti proses perubahan sistem secara keseluruhan dalam masyarakat. Tanpa pendidikan suatu keniscayaan tatanan kehidupan dalam masyarakat dapat teratur. Tingkat pendidikan menjadi salah satu tolak ukur peradaban sebuah bangsa dan negara. Pendidikan pula yang dapat memutus rantai kemiskinan. Jadi singkat cerita, bahwa arti penting pendidikan adalah kunci membangun perabadan untuk memutus rantai kemiskinan. Mengapa pendidikan? Bukan yang lainnya ?
karena dengan pendidikan mula-mula orang akan menjadi tahu terlebih dahulu, kemudian mereka melakukan, selanjutnya mereka mengerti dan memberitahukan kepada yang belum tahu. Pendidikan umumnya diperoleh dibawah bimbingan orang lain, akan tetapi memungkinkan diperoleh secara otodidak. Dengan pendidikan kita juga belajar berlaku adil sejak dalam pemikiran, sehingga akan adil juga dalam perbuatan. Dengan pendidikan pula, orang tidak akan berani melawan sebab melawan orang berilmu itu menyerahkan diri pada maut dan kehinaan. Untuk itulah jangan sesekali menomor duakan pendidikan, sekali ada kesempatan, lakukan yang terbaik untuk memperoleh pendidikan. Ingat bahwa Universitas manapun akan sama hasilnya jika pendidikan hanya dianggap sebuah keharusan atau sebatas memenuhi kewajiban kepada orang tua, sebab pendidikanlah yang akan menolongmu, bukan harga ibu dan bapakmu. Kelak nanti, kalau Bapak dan Ibu mu telah tiada, hartanya diberikan kepadamu, tetapi tanpa pendidikan harta itu akan habis, berguna sesaat tapi harta itu akan habis. Berbeda jika kamu benar-benar memahami arti penting pendidikan. Hanya belajar untuk memperoleh gelar kesarjanaan, kamu pikir kamu paham arti pendidikan? Tanpa pemaknaan, kamu sama seperti hewan pintar tanpa rasa keadilan.
Maka melangkahlah agar menjadi panutan, berkatalah yang benar agar jadi pengetahuan, dan berbagilah pengalaman agar dapat menginspirasi.
Karena pemahaman saya yang sederhana tersebut, berusaha meluangkan waktu ditengah hingar bingar dunia, disaat materi menjadi tolak ukur, menjadi bagian dari para penjuang pendidikan memberikan warna berbeda dalam hidup. Tidak tahu takdir, mungkin Tuhan mengirim mereka agar aku belajar lebih jauh tentang arti Penting Pendidikan.






 
Kak Annisa Profesi Public Relation di Bali
Kak Dina, Profesi Dokter di Bandung
Kegiatan Revolusi Putih di SDN 1 Sakti
Kak Thea, Profesi Arsitek di Kementerian PU di Jakarta
Kak Hesti, Profesi Dosen Ilmu Keperawatan di Malang
Kak Yasmin, Profesi Bidan di Dinkes Bangli
Kak Detie, Profesi Wedding Organizer di Bali
pohon cita-cita
Kak Toni, Profesi Marketing di Bali
Kak Eek, profesi Guru di Bali
Saat hari inspirasi di kelas V SDN  1 Sakti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar