Kamis, 25 Oktober 2012

Video Streaming “Ilmu Pengetahuan, Pengalaman baru, dan Persahabatan”




Awalnya target bulan ini buat persiapan ikut DJMTL, tapi entah kenapa gua ngebatalin ikut DJMTL dan memilih pelatihan video streaming, padahal sedikitpun gua gak tertarik didunia video streaming. Tapi tiba suatu malam, pemum gua ngirimin proposal acara itu, gua akhirnya tertarik buat baca, setelah 2 hari dikirim, setelah gua baca, gua mulai tertarik buat ikut. Akhirnya waktu rapat gua bilang kalo gua mau ikut acara video streaming itu, entah apa yang gua pikirkan, sampek gua mau berangkat pelatihan itu, padahal yaa, DJMTL itu sangaat menarik buat gua.
peserta cewek
Akhirnya ketertarikan gua tadi itu, direspon baik sama pemum, dan di izinkanlah gua kesana... tapi betapa kagetnya gua, ternyata itu pelatihan pakek di karantina -___- jujur gua kaget, dan bayangan gua udah yang enggak-enggak saat itu.. waduh tidur di aula ini, gak pakek kasur dan bayangan itu terus ada. Gak masalah sebenernya mau tidur dimana aja, cuma gua rada males karena gua tertariknya setengah hati sama itu pelatihan... Namun, karena gua udah terlanjur meng “IYA” kan untuk ikut, segala yang terjadipun akan gua hadapati #tegar
anak cowok LPM
Akhirnya gua mulai ngurusin surat menyurat itu sama di odi, dan kamipun jumat pagi mulai whorkshop... perasaan gua makin gak enak, apa lagi banyak yang gak kenal, cuma berdua odi, gua mulai parno lagi.. mana diceritain kalo tempat minep itu lumayaaan angker, takut dikit wajarkan gua, karena beberapa minggu lalu, banyak yang kesurupan disana...
Selesai whorkshop pun, gua sama odi masih di fakultas ekonomi, meskipun semua barang bawaan sudah disiapin, masih males banget berangkat dikarantina, sampek kita orang dianterin sama anak PILAR ke lokasi pelatihan.... panitia udah pada sms, nanyain kita orang kapan mau berangkatnya, kita orang suruh duluanlah diorang berangkatnya... ternyata eh ternyata, kita orang nyampek duluan dilokasi karantina, temen-temen yang lain masih pada nyasar bareng bus kampus hahahaha
Yaudahkan, jadi ngobrol sama panitia, dan anak PILAR yang ngaterin (Bang Roy & Nanda), karena udah malem posisinya, bang roy sama nanda pun pamit pulang. Dan disana gua bener-bener ngerasa, ya allah beneran tah ini musti dikarantina, ngerasa jauh banget gua sama anak PILAR karena diasingin di tempat pelatihan itu....
Akhirnya kawan-kawan yang nyasar itu pada nyampek ke lokasi, hmm agak rame, mulai rebutan kamar mandi dah... malem pertama, masih pada belum kenal, jadi masih pada jaim kalo gak mandi... kemudian kami makan malam, setelah makan malam, kami perkenalan LPM, dan kemudiaaan tidur....
Hari pertama, mulailah pelatihan itu, masih sama kang Arul tentang marketingnya...dan dilanjutin ini bareng mas teguh, disini bahasannya mengenai gimana perumusan ide buat berita gitu-gitu... pelatihan selesai games sore-sore, dan gua pun jatoh, sebenernya sakitnya gak terlalu, malu nya yang keterlaluan -___- tapi beruntung Pemum gua dateng, jadi gua gak ikutan basah-basahan hahahahaha
sebelum berangkat field trip
Gua ngobrol sama pemum, sama di odi... ya ngerasa seneng gua, anak PILAR tiap harinya ada yang dateng... karena masih ngerasa asingkan yaa... tapi udah mulai betah setelah hari pertama itu.... malem kedua, itu masih pada rajin mandinya, terus seperti biasa, kami makan malem, terus sharing bareng tentang masalah di LPM masing-masing, sampek malem....
Nah, ini udah mulai kenaaaal, kalo kemaren itu abis kelar acara langsung pada tidur, malem ini setelah acara, yang cewek masih pada “Begunjing” sampek jam atau jam 2an.... Hari selanjutnya itu hari minggu, olah raga pagi jalan bareng dan foto-foto, kemudian mandi, dan sarapan... tapi kalo gua, karena males ngantri, kadang sarapan dulu baru mandi hahahaha
Hari kedua selesai materi ya biasa, ngatri buat mandi, tapi di malam ketiga ini, kebiasaan pun mulai tampak, mulai sedikit yang mau mandi hahaha
Hari ketiga senin, itu mulai materi tentang media awalnya sama produser TV one sampek siang jam 2 lewatan, baru kemudian dilanjutin sama kak Dandhy Dwi Laksono si penulis buku jurnalisme investigasi... Materi dan sedikit-sedikit dan mulai praktik ngambil gambar, terus evaluasi dan malemnya nonton bareng J
Selesai materi dan nonton bareng, kami semua balik ke tempat penginapan, ini malem lebih parah lagi, makin kuat ngegunjingnya dan makin malem juga kami tidurnya, sampek dibentak sama anak cowok dari kamar atas gara-gara kami masih pada ngegunjing udah malem.hahaha
Hari ketiga selasa, dan ini adalah hari dimana kami praktik lapangan, lokasi yang dituju adalah daerah pesisir bandarlampung di daerah kota karang tepatnya.... pas mau dibangunin pagi, kebiasaan buruk itu kian terlihat, pada males bangun, panitiapun dengan susah payah ngebujuk kami biar mau buruan bangun.... kami berangkat ke lokasi pukul 08.30 dan tiba di lokasi pukul 09.00, kemudian kami langsung nyari gambar buat liputan... Siang hari kami kembali ke Wiragarden untuk proses editing langsung, selama di perjalanan, saling kongek, cekakak cekikik sama mereka semuaaa..... aaaa kangeeeen kaliaaaan :*
Memulai proses editing, semua-semuanya gua biarin kak Anang (kawan satu team gua) buat berimajinasi sendiri, dan gua sibuk dengerin musik hahaha
Kemudian ada sms dari anak-anak PILAR, ternyataa mereka kesini lagi, oh senangnya J
Gua dibawain makanan banyaaak, terus makan bareng sama anak-anak LPM J thank you so much daaaah buat semua anak PILAR J im so really really miss you anak PILAR hahaha
Sttttttttttttttttttttttttttttttt...... waktu terus aja bergulir, mulai gupek karena terlalu santai, gua belum dubing suara sementara handicam gua masih dipinjem sama team laen buat nge dubing juga.... akhirnya jam 7an gua dubing suara, terus langsung edit masukin, kak Anang bingung ceritanya gimana, jadi gua karang semau gua aja ceritanyaa.....
Jam 20.00 WIB, panitia langsung nyuruh presentasi hasil karena bang Dandhy udah dateng -___- mentang-mentang kelompok satu, itu video hasil liputan gua sama kak Anang di puter duluaaan.... begitu itu video diputer, gua nyumput, sejauh mungkin, sampek keluar ruangaaaan.. gua maluuu -___-
setelah selesai video diputerin, bang Dandhy nyuruh gua sama kak anang maju buat cerita tentang video ini... dan Alhamdullilaaah yaa pemirsaaaaaa... dapet respon baik dari kak Dandhy J
seluruh peserta
terus bergantian maju kelompok demi kelompok, pada bagus-bagus semua... dan tiba saatnya pengumuman peraih video streaming terbaik... jreng jreng jreng.... bang dandhy pun mengumumkan siapa pemenangnya... ternyataa adalaaaaaah.... Kelompok pertama tampil katanya... oh my god its my team.... yaaaaaaaaaa senang :D acara selanjutnya adalah pembacaan pemenang katagori tercantik ganteng terancam punah dan sebagainya, acara maaf-maafan lah sampek mau jam 1 malem itu, gak nyangka ternyata itu adalah malem terakhir bareng-bareng mereka L
pulang kekamar sendal gua ilang -,- terus masih ngobrol lanjut sampek jam 3 subuh...
keesokan harinya pada bangun terlambat....
dan untungnya hari ini adalah hari terakhir buat kami bareng-bareng, kami berangkat field trip ke pantai..meskipun gua terlalu sering ke pantai, tapi ini moment nya beda.... ya bener aja emang beda bangeeeet...
jujur gua kangeeen sama kawan-kawan metamorfosa semuaaa, gua yang awalnya sama sekali gak tertarik dengan pelatihan ini, jadi ngerasa untung gua jadi mau, kalo enggak, mungkin gua gak bakalan menemukan kawan-kawan kayak kalian...really miss them L semoga kita bisa berjumpa lagi, saatu saat nanti, saat kita semua sudah menjadi PILAR ke 5 di Indonesia tercintaaa... tetap jadi anak persma yang simple, gak banyak gaya, tapi kritis dan percaya diri J SALAM PERS MAHASISWA....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar