Kamis, 29 September 2011

Jadi mahasiswa harus beda

Jadi mahasiswa udah tentu harus beda sama siswa, beda apanya? Beda karena kuliah itu pakek baju bebas, atau karena kalau kuliah itu enggak diharusin upacara setiap hari senin? Bukan, bukan hanya sekedar itu. Mahasiswa harus beda, antara mahasiswa yang satu dengan yang lain juga harus beda, mahasiswa itu dewasa, mahasiswa itu mandiri. Mahasiswa semuanya enggak harus di komando baru jalan, mahasiswa harusnya udah mengerti mana yang hak dan kewajiban, kita bukan lagi anak SMA yang masih banyak dispensasi buat ikut acara, dan boleh ninggalin kelas asal ada surat. Kita mahasiswa, walaupun dunia perkuliahan itu dunia yang baru buat gua pribadi, tapi kuliah bener-bener beda keadaannya saat kita mejadi siswa. Untuk itu buat sesama mahasiswa baru ataupun calon mahasiswa, saat kalian meninggalkan bangku SMA harusnya kalian sedih dan cepat sadar, bahwa kuliah itu beda.
Kalian udah harus merancang strategi, gimana menghadapi bangku perkuliahan. Propti atau program orientasi yang biasanya dikenal dengan ospek harus kalian ikutin, karena biasanya disana kita akan tau, lingkungan baru kita itu kayak gimana.
Mungkin dulu saat SMA, setelah pulang sekolah kita langsung saja pulang kerumah tanpa kegiatan, atau kalo yang suka organisasi kumpul dulu rapat, dibangku kuliah semuanya memang mahasiswa. Cuma, kamu mau jadi mahasiswa apa itu pilihan. Ada beberapa jenis mahasiswa
1.       Kupu-kupu
Jenis mahasiswa yang satu ini biasanya mahasiswa yang hanya kuliah lalu pulang kerumah kuliah lagi, pulang kerumah lagi. Setiap hari kegiatannya begitu saja.

2.       Kunang-kunang
Jenis mahasiswa yang satu ini biasanya mahasiswa yang sepulang kuliah gatau arah mau kemana, sehingga diisi dengan kegiatan nangkring sana nangkring sini, sehingga disebutlah sebagai kunang-kunang (kuliah nangkring, kuliah nangkring)

3.       Kuda-kuda
Jenis mahasiswa yang satu ini biasanya mahasiswa yang sudah memikirkan masa akan datang, kenapa gua bilang gitu, karena memulai bisnis dari sekarang (penulis juga gitu loh). Iya ini dia, mahasiswa kuda-kuda, kuliah dagang, kuliah dagang. Lumayan buat tambahan uang jajan, tapi berjualan yang halal.

4.       Kura-kura
Sampai dijenis mahasiswa yang terakhir, jenis mahasiswa yang satu ini biasanya cepet eksis, kalo mau jadi terkenal, jadilah mahasiswa kura-kura, kuliah rapat, kuliah rapat. Mahasiswa yang satu ini super sibuk, tapi bagus buat mengasah soft skill yang gak kita dapetin di kelas sama dosen.

Terserah kalian, mau jadi mahasiswa yang seperti apa, tapi sekali lagi gua tekankan, bahwa  mahasiswa itu berbeda sama SMA. Namun terlepas kalian mau jadi mahasiswa seperti apa, kalian harus yang namanya mengejar ipk yang sebaik-baiknya, karena soft skill gak bisa digunain tanpa ipk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar